Monday, November 5, 2012

Masih Syiar Idul Adha

Penggantian kiswah 25/10


Rasanya kita melihat pada hari itu, bagaimana khaliluLlah Ibrahim dan Ismail Alaihumassalaam menjejak Mina untuk melaksanakan perintah dari Allah dalam mimpi beliau.


Tidak ada gentar yang sama di mata keduanya, seperti gentar yang ada di mata kita saat menyaksikan mereka. Bahkan mereka melempari setan-setan yang coba mencegat mereka di perjalanan cinta mereka. Cinta pada zat Maha Pencinta.

Menakjubkan. Allah menguji cinta Ibrahim padaNya berlawan cinta Ibrahim pada anaknya karena benarlah bahwa seorang ayah di dunia ini yang paling ia cintai tentu anak-anaknya. Allah menguji cinta Ismail padaNya berlawan cinta Ismail pada hidupnya karena benarlah bahwa seorang pemuda di dunia ini yang paling cintai ialah masa kininya: kehidupannya.

Allahu Akbar walilLahil hamd. Ibrahim dan Ismail lebih memilih cinta pada Allah daripada cinta mereka pada dunia yang fana. Dan Allahu Akbar walilLahil hamd. Demikianpun Allah mencintai mereka dengan mengganti pengorbanan itu.
*
Sekarang, kita ingin bertanya pada hati kita yang paling dalam: jika kita bermimpi layaknya Ibrahim, akankah kita memilih sepertinya? Jika kita Ismail saat mendengar mimpi itu, akankah kita mengambil keputusan yang sama?

No comments: