Thursday, August 28, 2014

BAJABU'

Setelah kemarin saya sudah menulis tentang meatloaf, sekarang mari meningkatkan semangat kelokalan dengan membuat resep wajib hari raya di rumah saya: bajabu'. Bajabu' adalah sejenis kelapa parut kering dengan rasa gurih yang cocok dinikmati dengan buras. Kalo di Jawa namanya serundeng kelapa. Selain hari raya, di hari biasa bajabu' cocok dengan nasi kuning atau songkolo. 

Ceritanya saya bisa terinspirasi membuat bajabu' adalah setelah saya membuat onde-onde basah untuk naik kantor suami saya, saya masih punya banyak kelapa parut, dan anehnya kelapa itu belum basi setelah sekian lama. Dan ternyata saya menemukan satu tip dan trik berharga, biar kelapa parut tidak cepat basi, setelah dibeli kukus dulu selama kurang lebih 30 menit, setelah itu simpan di lemari es, insyaAllah lebih tahan lama. Kembali ke cerita, saya kemudian bertanya ke Ummi resep bajabu' khas hari raya itu dan inilah instruksi Ummi.

1. Peras asam segenggam dengan air dua gelas. Buang ampas.
2. Haluskan 4 siung bawang merah dan 4 siung bawang putih
3. Potong-potong kecil dada ayam +- 150gr.
4. Siapkan 15 gram gula merah
5. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum dengan minyak goreng secukupnya sampai wangi, masukkan dada ayam, aduk sampai daging ayam matang.
6. Masukkan air asam dan gula merah, masak sampai gula merah meleleh. Masukkan garam sesuai selera.
7. Masukkan kelapa. Kelapa akan secara praktis menyerap semua air, tetapi harus tetap diaduk sampai kelapa parut sedikit lebih kering. Hal ini agar bajabu' lebih tahan lama. Setelah diaduk di penggorengan kurang lebih 20-30 menit, bajabu' akan kering. Matikan api, biarkan uapnya hilang, pindahkan ke wadah.

Saya lumayan bangga juga akhirnya bisa buat bajabu' sendiri. Dulu saya taunya cuma makan buatan nenek tercinta saya yang meninggal tahun 2012, dan waktu di Belanda, saya sempat mengalami keterkangenan terhadap bajabu', ajaibnya bajabu' ada di Belanda! Meskipun rasanya kering sekali mungkin karena kelapa impor yang diawetkan.

Ohya, kemarin saya berhasil membuat rainbow cake! wohoo. Resepnya dapat dari sini: http://www.justtryandtaste.com/2012/06/cake-kukus-pelangi-alangkah-indahmu.html
Teruji dan terbukti :)

Dengan cintahh,

(InsyaAllah) istri sholihah.


2 comments:

Aisyah Istiqomah Marsyah said...

Kak Raidah, sebelum nikah sudah bisa masak belum? Terus kan sekarang sdh nikah, menurutta haruski perempuan(wabilkhusus diriku)bisa masak sebelum nikah? hehe *seriusan*

Raidah Intizar said...

Hmm... iye is, sebelum nikah sy sudah bisa masak, dan iye menurut saya perempuan harus bisa masak :)