Friday, February 12, 2016

Menu Mpasi CMI I

Alhamdulillah CMI sudah masuk hari ke-18 makan Mpasinya. Saya senaaaang sekali dengan kegiatan membuat mpasi ini, apalagi melihat progres cmi yang semakin terbuka untuk mencoba makanan baru. Alhamdulillah.

Cmi sudah banyak berpetualang rasa, bau dan tekstur. Selain makanan utamanya yang puree, cmi juga mendapat finger food. Puree yang saya berikan awal2 hanya berupa satu bahan yang dihaluskan lalu disaring. Pure puree. Kalau finger food saya baru berani kasih yang lunak seperti pisang, jeruk, keju.

Melihat cita rasa cmi yang semakin berkembang, sayapun mulai berani mix beberapa bahan yang kira-kira bisa seimbang dan tidak overpower one another kalo istilah mastersyefnya hehe. Berikut menu mpasi cmi tiga hari terakhir:

1. Alpukat dan extra light olive oil.
Ini simpel dan kalau saya bilang perpaduan superfood. Alpukat mengandung kalori, serat, vitamin b6, vitamin c, potasium dan zat besi. Karena nabati, nutrisinya mudah diurai dalam tubuh. Extra light olive oil adalah weight booster yang sesuai untuk usia cmi sekarang.

Bikinnya sederhana, alpukat matang disaring tanpa dihaluskan, setelah itu tuang olive oil sedikit saja. Sajikan.

2. Sup jagung keju
Lebih ribet dikit sekaligus memperkenalkan rasa gurih buat cmi. Jagung mengandung rasa manis dari karbohidrat yang bisa menjadi tenaga cmi buat gegulingan. Keju tinggi kalsium dan protein untuk tulang dan jaringan.

Satu tongkol jagung manis dipipil, tumis dengan olive oil. Tambahkan air secukupnya hanya untuk mematangkan jagung dan sekitar 5 gram keju, jangan banyak2 kejunya karena keju tinggi natrium dan bayi tidak butuh banyak zat ini. Aduk sampai jagung lunak dan keju meleleh. Setelah lunak, pindahkan ke blender/food processor, proses halus, saring dan sajikan.

3. Bubur oat jus apel
Sejak hari pertama mpasi, saya sudah mengenalkan bubur oatmeal untuk cmi, sebenarnya dia tidak suka, mungkin karena rasanya yang hambar plus tekstur lengketnya. Hari ini saya coba menyaringnya dan berharap cmi suka karena di mata saya oat adalah superfood. Alternatif baik untuk karbo dan serat pangan, selain itu yang terpenting oat juga mengandung zat besi. Saya padukan dengan apel, selain untuk menambah rasa manis masam, apel kaya vitamin c. Zat besi hanya dapat diserat tubuh dengan baik jika dibarengi asupan kalsium dan vitamin c.

Panaskan air 100ml/ setengah gelas, masukkan 3sdm oatmeal masak (quaker biru), setelah mengental matikan api. 1/4 apel fuji dipotong tanpa dikupas kulitnya (karena kulitnya juga banyak nutrisi). Proses oatmeal dan potongan apel sampai halus dalam blender. Saring dan sajikan.

Dari ketiga resep di atas cmi paling suka oatmeal apel. MasyaAllah. Makannya lahap sampai mau menyuap dirinya sendiri dengan merebut sendok dari tangan saya. Ini saya tidak nyangka karena dulu cmi malas sekali makan oat. Mungkin karena sudah disaring dan aroma apelnya tajam memberi kesan segar. Ok, itu dulu resepnya. Besok-besok updet lagi. Saya tertarik memberi cmi puree campur santan dan protein hewani seperti telur dan ayam kampung.

No comments: