Saturday, March 24, 2012

k-a-p-u-r-u-n-g

Salah satu makanan lokal yang paling saya sukai adalah KAPURUNG. Makanan berbahan dasar sagu ini dengar-dengar asalnya dari Palopo, tapi belum ada yang bisa verifikasi ini, boleh jadi asalnya dari Maros. Muahahaha
Semuanya bermula dari teman-teman saya semasa Madrasah Ibtidaiyah dulu yang senang mang-ngacara kapurung, jadi bagi saya, kapurung selalu identik dengan kumpul-kumpul sama teman-teman. Pun waktu kuliah, ternyata seangkatan adalah kapurung freak(kecuali ketua angkatan yang aneh sendiri nda suka kapurung bernama Resty Fauziah). Kami pernah menyerbu warung kapurung yang direkomendasi salah satu dari kami. Walhasil yang punya warung kewalahan karena harus menyajikan dua puluhan porsi di waktu yang sama.
Belakangan ini saya belajar bikin kapurung sendiri, diajari teman-teman saya yang dari Palopo -meski saya belum percaya2 amat kapurung dari Palopo XD
Dan kali ini saya akan memposting cara membuatnya, baik kan saya 0:)

Bahan dasar tentulah sagu:
Dan sayur-sayuran yang antara lain:
Bayam, kemangi, kacang panjang -boleh diganti daun kacang, rebung
Jagung, boleh diganti jantung pisang (hiiii, ngeri).
Dari kiri ke kanan (atas): tomat, ikan teri kering, cabe (bawah): udang kupas rebus, kacang, ikan. Kecuali udang, semuanya dihaluskan atau diulek.

Plus air ikan masak kuning (asam, garam, kunyit).

Pertama rebus jagung yang sudah dipisah dari tongkolnya, kalau sudah matang masukkan sayuran hijau. Biarkan mendidih sampai semenit dua menitan, masukkan semua bahan yang diulek atau dihaluskan, cabe boleh dipisah. Masukkan udang dan air ikan.

Sagu ditambah air, aduk, dan dibersihkan dulu dengan saringan. Sementara itu panaskan air untuk masak sagunya. Ada dua versi untuk buat sagunya, boleh sagu disiram air mendidih, boleh juga dimasak saja di atas kompor pas air lagi mendidih-mendidihnya. Setelah itu bentuk bulat, masukkan ke air dingin. Terus begitu sampai sagu habis. Masukkan ke rebusan sayur. Jadi deh:

No comments: